tempat berbagi pengalaman hidup, berorganisasi & sekolah di luar negeri, terutama Jepang

Beasiswa Sekolah Jepang: Yasuda Scholarship Foundation

In Beasiswa Sekolah Jepang, Kuliah S1 on February 23, 2011 at 3:45 am

"Sekolah Jepang Ehime University Shikoku"Aplikasi untuk beasiswa sekolah Jepang: Yasuda Scholarship Foundation, saat ini telah dibuka bagi semua mahasiswa asing. Bagi yang berminat mohon mencermati persyaratannya: klik di sini.

——————————

Ingin bertukar informasi bersama Sahabat sekolah Jepang dari seluruh dunia tentang sekolah di Jepang (study in Japan), hidup di Jepang (live in Japan) atau pengalaman berharga lainnya? Ayo GRATIS menjadi Sahabat sekolah Jepang? Apa saja ya keuntungannya? TIDAK ADA, kecuali klik di sini untuk membaca lebih lanjut .

  1. assalammualaikum wr.wb

    saya wetty seorang ibu yang ingin menyekolahkan anaknya di jepang namun belum tau caranya dan kemana daftarnya. terima kasih

    wassalam.
    wetty

    • Wa`alaikumussalam. Terima kasih atas perhatiannya. Jadi begini Bu Wetty, untuk sekolah di Jepang ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu: 1) universitas dan bidang yang diminati, 2) dosen pembimbing yang bersedia membimbing putra Ibu dan tentunya 3) biaya sekolahnya. Nomor 1 dan 2 dapat di-googling sesuai bidang yang diinginkan. Selanjutnya melakukan korespondensi (berkomunikasi via email atau telepon) dengan calon pembimbing tersebut terkait kesamaan bidang yang akan diteliti, dll. Target dari korespondensi diharapkan minimal dosen pembimbing yang bersedia membimbing putra Ibu akan menerbitkan LoA (letter of acceptance). LoA menjelaskan bahwa dosen pembimbing tersebut menerima putra Ibu untuk sekolah/meneliti di laboratorium dosen tersebut. Bila LoA telah diperoleh, putra Ibu dapat berangkat ke Jepang untuk sekolah di tempat dosen tersebut. Undangan dari dosen tersebut menjadi sangat penting manakala putra Ibu akan membuat visa masuk ke Jepang.

      Bagi yang memiliki keterbatasan biaya, baik biaya sekolah maupun biaya hidup, berburu beasiswa adalah salah satu alternatif jalan keluar. Ada banyak beasiswa ke Jepang, salah satunya dapat diakses di situs ini: http://beasiswa.ppijepang.org/. atau http://www.sekolahjepang.com/2011/05/beasiswa-jepang-monbukagakusho-2012-untuk-lulusan-slta/. Setiap beasiswa memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Untuk itu, sangat disarankan untuk mempelajarinya secara cermat, dan memilih yang sesuai bagi putra Ibu. Langkah selanjutnya adalah memenuhi persyaratan beasiswa yang ditentukan sedikit demi sedikit. Biasanya ini yang menyebabkan kita malas, karena banyak kendala yang dihadapi. Belum bisa ini dan itu. Untuk itu, sekali lagi mohon untuk dipenuhi sedikit demi sedikit. Demikian Bu Wetty, semoga sedikit informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. Salam sukses dari http://www.sekolahjepang.com/ 🙂

Leave a comment